No icon

Gempa Darat Getarkan Bandung Selatan Ahad Pagi

Gempa Darat Getarkan Bandung Selatan Ahad Pagi

ROBIALAKBAR.COM, Bandung - Gempa tektonik bermagnitudo 3,0 mengguncang sebagian wilayah Bandung Selatan, Ahad pagi 15 November 2020. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sumber gempa pada pukul 06.11 WIB itu berada di darat.

Pusat sumber gempa atau episenter terletak pada koordinat 7.16 LS dan 107.5 BT. “Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 kilometer barat daya Kabupaten Bandung,” kata Hendro Nugroho, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang lewat keterangan tertulis, Ahad pagi 15 November 2020.

Sumber lindu berkedalaman 14 kilometer atau tergolong gempa dangkal. “Akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat,” ujarnya.

Dampak gempa berupa guncangan seperti tergambar di peta BMKG dan laporan warga, dirasakan di wilayah Kecamatan Rancabali. Skala Intensitas gempanya II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

 

Sejauh ini belum ada laporan dampak kerusakan bangunan. Gempa bumi susulan pun hingga pemantauan pukul 06.19 nihil. BMKG meminta warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Comment As:

Comment (0)